Ulangan 33:2
33:2 Berkatalah ia: "TUHAN datang dari Sinai
dan terbit kepada mereka dari Seir;
Ia tampak
bersinar dari pegunungan Paran
dan datang dari tengah-tengah puluhan ribu orang yang kudus;
di sebelah kanan-Nya tampak kepada mereka api yang menyala.
Ayub 19:25-27
19:25 Tetapi aku tahu: Penebusku
hidup
1 ,
dan akhirnya Ia akan bangkit di atas debu
2 .
19:26 Juga sesudah kulit tubuhku sangat rusak, tanpa dagingkupun aku akan melihat Allah
3 ,
19:27 yang aku sendiri akan melihat memihak kepadaku; mataku
sendiri menyaksikan-Nya
4 dan bukan orang lain. Hati sanubariku merana karena rindu.
Mazmur 50:3-5
50:3 Allah kita datang
dan tidak akan berdiam
diri, di hadapan-Nya
api menjilat,
sekeliling-Nya bertiup badai
yang dahsyat.
50:4 Ia berseru kepada langit di atas, dan kepada bumi
untuk mengadili umat-Nya:
50:5 "Bawalah kemari orang-orang yang Kukasihi,
yang mengikat perjanjian
dengan Aku berdasarkan korban sembelihan!"
Daniel 7:9-10
7:9 Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah
Yang Lanjut Usianya
5 ;
pakaian-Nya putih seperti salju
dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba;
kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya
dari api yang berkobar-kobar;
7:10 suatu sungai api
timbul dan mengalir dari hadapan-Nya;
seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan-Nya. Lalu duduklah Majelis Pengadilan dan dibukalah Kitab-kitab.
Zakharia 14:5
14:5 Maka tertutuplah lembah gunung-gunung-Ku, sebab lembah gunung itu akan menyentuh sisinya; dan kamu akan melarikan diri seperti kamu pernah melarikan diri oleh karena gempa bumi
pada zaman Uzia, raja Yehuda. Lalu TUHAN, Allahku, akan datang,
dan semua orang kudus bersama-sama Dia.
Matius 16:27
16:27 Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.
Matius 24:30-31
24:30 Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang 6 di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.
24:31 Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya 7 dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.
Matius 25:31
Penghakiman terakhir
25:31 "Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.
Matius 25:1
Gadis-gadis yang bijaksana dan gadis-gadis yang bodoh
25:1 8 "Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki.
Matius 3:13
Yesus dibaptis Yohanes
3:13 Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes
untuk dibaptis
9 olehnya.
Matius 3:2
3:2 "Bertobatlah
10 , sebab Kerajaan Sorga
sudah dekat!"
Matius 1:7-8
1:7 Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa,
1:8 Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia,
Wahyu 1:7
1:7 Lihatlah, Ia datang
11 dengan awan-awan
dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia.
Dan semua bangsa di bumi akan meratapi
Dia. Ya, amin.
1 Full Life: AKU TAHU: PENEBUSKU HIDUP.
Nas : Ayub 19:25
Di tengah-tengah penderitaan dan keputusasaannya, Ayub dengan iman
yang besar berpaut kepada Allah, sebab percaya bahwa pada akhirnya Tuhan
akan membenarkan dirinya (bd. Ayub 13:15; 14:14-15). Ayub memandang
Allah selaku "penebus" atau penolong; di zaman Alkitab seorang "penebus"
adalah seorang kerabat yang dengan penuh kasih datang untuk melindungi,
membela, dan menolong pada masa kesulitan (lih. Im 25:25; Ul 25:5-10;
Rut 1:4; juga lih. Kej 48:16; Kel 6:5; Yes 43:1; Hos 13:14) dan
membenarkan kerabatnya yang menderita.
2 Full Life: IA AKAN BANGKIT DI ATAS DEBU.
Nas : Ayub 19:25
Di bawah ilham Roh Kudus, kesaksian Ayub menunjuk kepada Yesus
Kristus sang Penebus, yang akan datang untuk menyelamatkan umat-Nya dari
dosa dan kutukan (Rom 3:24; Gal 3:13; 4:5; Ef 1:7; Tit 2:14),
membebaskan mereka dari ketakutan akan kematian (Ibr 2:14-15; Rom 8:23),
memberi mereka hidup kekal (Yoh 3:16; Rom 6:23), menyelamatkan mereka
dari murka yang akan datang (1Tes 1:10) dan membenarkan mereka secara
terbuka (bd. Wahy 19:11-21; 20:1-6). Di sini Ayub menubuatkan
manifestasi yang kelihatan dari Penebus ilahi ini.
3 Full Life: TANPA DAGINGKU PUN AKU AKAN MELIHAT ALLAH
Nas : Ayub 19:26
(versi Inggris NIV -- dalam dagingku, aku akan melihat Allah). Ayub
menubuatkan keyakinan bahwa setelah tubuhnya rusak di dalam kubur, ia akan
dibangkitkan kembali secara jasmaniah dan melihat Allah-Penebusnya di dalam
tubuh kebangkitan. Bagian ini mengandung bibit-bibit penyataan Allah
mengenai kedatangan Kristus pada akhir zaman, kebangkitan orang mati dan
pembenaran terakhir semua orang yang setia kepada Allah
(lihat cat. --> Ayub 19:25 sebelumnya;
[atau ref. Ayub 19:25]
bd. Mazm 16:10; 49:16; Yes 26:19; Dan 12:2; Hos 13:14;
lihat art. KEMATIAN).
4 Full Life: MATAKU SENDIRI MENYAKSIKAN-NYA.
Nas : Ayub 19:27
Kerinduan Ayub untuk melihat Allah-Penebusnya sangat melampaui semua
keinginan lain yang terungkap dalam kitab ini
(lihat cat. --> Ayub 23:3).
[atau ref. Ayub 23:3]
Ayub merindukan hari itu ketika ia dapat melihat wajah Tuhan dalam
penebusan penuh. Demikian pula, orang percaya PB merindukan kedatangan
Juruselamat mereka (1Kor 1:7; 2Tim 4:8) dan hari penggenapan, ketika
"kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama
dengan mereka" (Wahy 21:3) dan "mereka akan melihat wajah-Nya"
(Wahy 22:4).
5 Full Life: DUDUKLAH YANG LANJUT USIANYA.
Nas : Dan 7:9
"Yang Lanjut Usia" adalah cara lain untuk mengakui Allah sebagai
Yang Kekal, Yang oleh Abraham diakui sebagai "Hakim segenap bumi"
(Kej 18:25). Ia dilukiskan sebagai menghakimi semua orang dan semua
kerajaan pada akhir zaman. Gambaran Allah di dalam ayat ini juga menyatakan
kekudusan-Nya ("pakaiannya putih seperti salju"), keagungan-Nya ("rambutnya
bersih seperti bulu domba"), dan keadilan yang menyala-nyala ("kursi-Nya
dari nyala api dan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar").
6 Full Life: ANAK MANUSIA ITU DATANG.
Nas : Mat 24:30
Ayat ini mengisahkan Kristus yang akan datang di udara setelah masa
kesengsaraan besar dan terjadinya tanda-tanda alam. Ia akan datang untuk
menghukum orang fasik (Wahy 19:11-20:3), membebaskan umat-Nya yang
setia dan menegakkan kebenaran di atas muka bumi (Wahy 20:4). Semua
orang Kristen, baik yang masih hidup maupun telah mati yang telah diambil
dari bumi pada saat keangkatan gereja
(lihat cat. --> Yoh 14:3;
[atau ref. Yoh 14:3]
lihat art. KEANGKATAN GEREJA),
akan datang kembali bersama Kristus pada kedatangan-Nya dengan kuasa dan
kemuliaan-Nya
(lihat cat. --> Wahy 19:14).
[atau ref. Wahy 19:14]
"Tanda" dalam ayat ini barangkali adalah Kristus sendiri yang datang di
atas awan-awan kemuliaan, dikelilingi terang yang cemerlang.
7 Full Life: MENGUMPULKAN ORANG-ORANG PILIHAN-NYA.
Nas : Mat 24:31
Waktu Kristus kembali ke bumi setelah kesengsaraan besar, maka
peristiwa-peristiwa berikut akan terjadi:
- (1) Allah akan menghukum orang fasik (ayat Mat 24:30;
Wahy 19:11-21), antikristus (Wahy 19:20) dan Iblis
(Wahy 20:1-3);
- (2) Hukuman dan pemisahan orang di bumi yang masih hidup pada saat
kedatangan Kristus
(lihat cat. --> Mat 13:41; dan
lihat cat. --> Mat 25:32);
[atau ref. Mat 13:41; 25:32]
- (3) dikumpulkannya semua orang kudus dari segala zaman, termasuk
orang kudus yang sudah berada di sorga (bd. Mr 13:27;
lihat cat. --> Yoh 14:3; dan
lihat cat. --> Wahy 19:14;
lihat cat. --> Wahy 20:4,6)
[atau ref. Yoh 14:3; Wahy 19:14; Wahy 20:4,6]
dan mereka yang masih hidup di bumi ketika Kristus datang (lih.
Mat 13:40);
- (4) masa Kerajaan seribu tahun di bumi dengan Kristus sebagai Raja
(lihat cat. --> Wahy 20:4).
[atau ref. Wahy 20:4]
8 Full Life: PERUMPAMAAN SEPULUH GADIS.
Nas : Mat 25:1
Perumpamaan mengenai sepuluh gadis ini menekankan bahwa semua orang
percaya harus senantiasa memperhatikan keadaan rohani mereka sendiri
mengingat Kristus bisa datang pada saat yang tidak diketahui dan tidak
diduga. Mereka harus bertekun dalam iman supaya bila hari dan jam itu tiba
mereka akan diterima oleh Tuhan yang kembali (ayat Mat 25:10).
Kelalaian untuk memelihara hubungan pribadi dengan Tuhan pada saat
kedatangan-Nya kembali berarti akan dikucilkan dari kehadiran dan
kerajaan-Nya.
- 1) Yang membedakan kelompok gadis yang bijaksana dengan yang bodoh
ialah bahwa yang bodoh itu tidak memperhitungkan bahwa kedatangan Tuhan
(lihat cat. --> Yoh 14:3)
[atau ref. Yoh 14:3]
akan terjadi pada saat yang tidak terduga, suatu saat yang tidak
didahului oleh tanda-tanda khusus yang jelas (ayat Mat 25:13;
lihat cat. --> Mat 24:36).
lihat cat. --> Mat 24:44).
[atau ref. Mat 24:36,44]
- 2) Melalui perumpamaan ini dan juga di bagian yang lain (Luk 18:8)
Kristus menyatakan bahwa sebagian besar gereja tidak akan siaga pada
saat Dia datang kembali (ayat Mat 25:8-13). Dengan demikian Kristus
menyatakan dengan jelas bahwa Ia tidak akan menunggu sampai semua gereja
siap untuk kedatangan-Nya.
- 3) Perlu diperhatikan bahwa semua gadis itu (baik yang setia maupun
yang tidak setia) sangat terkejut ketika mempelai laki-laki datang (ayat
Mat 25:5-7). Hal ini menunjukkan bahwa perumpamaan ini berkaitan
dengan orang percaya yang hidup sebelum masa kesengsaraan besar dan
tidak berkaitan dengan mereka yang hidup selama kesengsaraan itu, yang
akan mempunyai tanda cukup mendahului kedatangan Kristus pada akhir masa
kesengsaraan itu
(lihat art. KESENGSARAAN BESAR).
9 Full Life: YESUS ... DIBAPTIS.
Nas : Mat 3:13
Yesus dibaptis oleh Yohanes karena alasan berikut ini:
- 1) "menggenapkan seluruh kehendak Allah" (ayat Mat 3:15; bd.
Im 16:4; Gal 4:4-5). Melalui baptisan, di depan umum Kristus
menyerahkan diri kepada Allah dan kerajaan-Nya sehingga dengan demikian
menggenapi tuntutan Allah yang benar.
- 2) Menempatkan diri-Nya setara dengan orang berdosa sekalipun Ia
sendiri tidak perlu bertobat dari dosa (2Kor 5:21; 1Pet 2:24).
- 3) Menghubungkan diri-Nya dengan gerakan baru dari Allah yang memanggil
setiap orang kepada pertobatan; perhatikan pesan Yohanes Pembaptis
sebagai pendahulu Mesias (Yoh 1:23,32-33).
10 Full Life: BERTOBATLAH.
Nas : Mat 3:2
Makna dasar dari pertobatan (Yun. _metanoeo_) adalah "berbalik".
Yang dimaksudkan adalah berbalik dari cara hidup yang jahat kepada Kristus,
dan melalui Dia kepada Allah (Yoh 14:1,6; Kis 8:22; 26:18; 1Pet 2:25).
- 1) Keputusan untuk berbalik dari dosa kepada keselamatan di dalam
Kristus menyangkut hal menerima Kristus bukan hanya sebagai Juruselamat
dari hukuman dosa, tetapi juga sebagai Tuhan atas kehidupan kita. Jadi,
pertobatan meliputi pergantian penguasa -- dari kekuasaan Iblis
(Ef 2:2) kepada kekuasaan Kristus dan Firman-Nya (Kis 26:18).
- 2) Pertobatan merupakan keputusan yang sukarela pada pihak orang
berdosa, yang dimungkinkan oleh kasih karunia yang memberi kemampuan
kepada mereka untuk melakukannya ketika mereka mendengar dan percaya
kepada Injil (Kis 11:21;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
- 3) Definisi iman yang menyelamatkan sebagai "sekedar percaya" kepada
Kristus sebagai Juruselamat sama sekali tidak memadai apabila dihadapkan
dengan tuntutan Kristus untuk bertobat. Menjelaskan iman yang
menyelamatkan dalam suatu cara yang tidak mengharuskan seseorang
meninggalkan dosa adalah memutarbalikkan secara membahayakan ajaran
Alkitab tentang penebusan. Iman yang menyertakan pertobatan adalah
syarat untuk memperoleh keselamatan (bd. Mr 1:15; Luk 13:3,5;
Kis 2:38; 3:19; 11:21).
- 4) Pertobatan merupakan pesan pokok para nabi PL (Yer 7:3;
Yeh 18:30; Yoel 2:12-14; Mal 3:7), Yohanes Pembaptis (Mat 3:2),
Yesus Kristus (Mat 4:17; 18:3; Luk 5:32) dan orang Kristen PB
(Kis 2:38; 8:22; 11:18; 2Pet 3:9). Pemberitaan pertobatan harus
senantiasa mendampingi berita Injil (Luk 24:47).
11 Full Life: IA DATANG.
Nas : Wahy 1:7
Tujuan utama kitab Wahyu adalah menggambarkan kemenangan kerajaan
Allah ketika Kristus datang kembali untuk mendirikan kerajaan-Nya di bumi;
peristiwa-peristiwa akhir zaman sekitar kedatangan-Nya itu juga dipaparkan
(bd. Dan 7:13; Mat 24:29-30). Ini menyampaikan suatu kemenangan
eskatologis bagi orang yang setia, sambil mengajarkan bahwa sejarah akan
berakhir dengan jatuhnya hukuman atas sistem Iblis dalam dunia ini (pasal
Wahy 17:1-18:24) dan dalam pemerintahan Kristus yang kekal dengan
umat-Nya (Wahy 20:4; 21:1-22:5).